About

About
Navigation

Wow, Pelaksanaan MTQ ke-30 Provinsi Kalsel Digelar Atas Sungai Martapura

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 30 provinsi Kalsel akan segera digelar. Berbeda kali ini konsep pelaksanaan MTQ akan jauh berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Hal ini dikarenakan MTQ akan dilaksanakan diatas sungai Martapura Jalan Pierre Tendean Banjarmasin. Nantinya akan ada panggung yang dibuat di atas tongkang.

Para peserta termasuk juri dan penonton bisa turut melihat dan naik ke atas tongkang untuk melihat pagelaran Islam ini. MTQ sendiri akan dilakukan selama delapan hari sejak 2 November hingga 9 November.

Ada 1020 total peserta atau kafilah yang akan berpartisipasi dalam pelaksanaan MTQ. Mereka terbagi atas tujuh cabang lomba yang juga terbagi lagi menjadi beberapa sub lomba.
Ketua LPTQ Kalsel, H Abdul Haris mengatakan sengaja diadakan di atas sungai agar memunculkan kearifan lokal Kalsel yang dikenal sebagai kota seribu sungai. Selain itu diharapkan dengan diadakan di ibu kota provinsi dapat memerbanyak antusias masyarakat untuk menonton dan menjadi peserta.
"Kita berharap agar perwakilan masing-masing kota, kafilah dan qoriah bisa mengikuti dengan sebaik-baiknya dengan semangat fair play, karena yang dilombakan adalah ayat-ayat suci Al quran jadinkota harus menjaga kesakralan lomba, jangan hanya mengejar sesuatu dengan menghilangkan makna kesakralan nilai-nilai dari ayat suci itu," pesannya.
Tak hanya MTQ, akan ada bazar dan pameran di halaman kantor Gubernur Kalsel di depan Taman Nol Kilometer.(*)
Share
Banner

Post A Comment:

0 comments: